PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM

1.  Relevansi

  • Kesesuaian (desain pengembangan) kur dgn tuntutan perkembangan dan kebutuhan lapangan à Analisis kebutuhan.
  • Kesesuaian mutu lulusan dgn standar pengguna à Standar kompetensi.

2.  Fleksibilitas

  • Kelenturan (desain pengembangan) melayani keragaman kebutuhan pengguna à Program elektif
  • Kelenturan dlm melayani perbedaan kemampuan dan pengalaman peserta didik à Pembelajaran bervariasi

3.  Efektivitas

  • Keberhasilan proses kurikulum (pembelajaran) mengoptimalkan perkembangan peserta didik à Pengendalian mutu

4.  Efisiensi

  • Ketepatan pelaksanaan kurikulum dan pemanfaatan komponen pendukung à Pengendalian mutu.
  • MODEL-MODEL KURIKULUM

1. Model Konseptual (Conceptual Models)

Jenis Model Karakteristik
1. Subject Academic Curr. Berfokus pada bahan ajar, yang berasal dari disiplin ilmu, kedudukan guru sangat penting ekspert & model
2. Humanistic Curr. Menekankan keutuhan pribadi, kurikulum didasarkan atas minat-kebutuhan siswa, siswa aktif belajar
3.Technological/Competence Based Curr. Menekankan penguasaan kompetensi, pembelajaran dibantu alat-alat teknologis
4. Social Reconstruction Curr. Berfokus pada masalah sosial, menekankan belajar kelompok

2. Model Desain (Perencanaan)

Jenis Model Karakteristik
1. Fokus Kurikulum:1.1. Subject Centred Curr.1.2. Student Centred Curr.

1.3. Problem Centred Curr.

1.1.      Desain menekankan bahan ajar yang tersusun dalam mata pelajaran1.2.      Desain menekankan minat dan kebutuhan siswa

1.3.      Desain menekankan masalah yang dihadapi siswa/masyarakat

2. Organisasi Kur.2.1. Separated Subject Curr.2.2. Correlated Curr.

2.3. Broadfield Curr.

2.4. Fused Curr.

2.5. Integrated Curr.

2.1. Isi kurikulum disusun dalam bentuk mata-mata pelajaran yang terlepas-lepas2.2. Isi kurikulum disusun dengan menghubungkan mata-mata pelajaran yang terkait

2.3. Isi kurikulum memadukan materi dari mata-mata pelajaran yang serumpun

2.4. Isi kurikulum merupakan paduan dari sejumlah/semua mata pelajaran

2.5. Isi kurikulum betul-betul terpadu, tidak jelas lagi asal mata pelajarannya.

3. Model Implementasi

Jenis Model Karakteristik
1. Pendekatan Impl.1.1. Fidelity1.2. Mutual Adaptive

1.3. Enactment

1.1. Implementasi kur sesuai dengan desain yang telah standar1.2. Pelaksana kur mengadakan penyesuaian-penyesuaian berdasarkan kondisi, kebutuhan, tuntutan setempat

1.3. Pelaksana kur melakukan berbagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan kur.

2. Inovasi(Innovation models)2.1. Concern Based Adoption Model2.2. Innovation Profile Model

2.3. TORI (Trust Opening Realization Interdependence)

2.1. Tahap inovasi:- Non use              – Routine use

– Orientation          – Refinement

– Preparation         – Integration

– Mecanical use     – Renewal

2.2. Tahap: – Diagnosis

– Application

– Evaluation

2.3. Tahap: – Trusting me: being who I am

– Opening: showing me

– Realization: doing what I whant

– Interdependence: being with yo

4. Model Pengembangan Kur.

Jenis Model Karakteristik
1. Administrative/ Line Staff Model Gagasan, insiatif & upaya pengembangan kur datang dari atas (pemerintah), atau dari administrator pendidikan.
2. Grass-roots Model Gagasan, insiatif & upaya pengembangan kur datang dari bawah, sekolah dan guru-guru.
3. Demonstration Model Bersifat grass-roots, beberapa sekolah/guru mengadakan penyempurnaan kurikulum/komponen kuriukulum
4. Beauchamp’s Model Lima langkah pengembangan: menentukan lingkup wilayah, personalia, organisasi & prosedur pengembangan, implementasi, dan evaluasi
5. Taba’s Model Lima langkah: menyusun unit eksperimen, menguji unit eksperimen, revisi & konsolidasi, pengembangan keseluruhan kerangka kurikulum, implementasi dan evaluasi.
6. Roger’s Inverted Model Empat langkah: penentuan sasaran pendidikan, partisipasi guru dalam pengalaman kelompok, pengembangan pengalaman kelompok intensif dlm satu kelas/mata pelajaran, partisipasi orang tua dlm kegiatan kelompok.
7. Systematic Action Research Model Dua langkah: kajian ttg masalah kurikulum dan rencana untuk mengatasinya, implementasi dari rencana tsb.
8. Emerging Technical Models Perkembangan model kur berbasis teknologi: behavior analysis, system analysis, computer base

5. Model Pengelolaan

Jenis Model Karakteristik
Centralized Curr. Management 1.  Kur. disusun dan dikelola oleh pusat2.  Kur. nasional berlaku untuk seluruh wilayah, sekolah3.  Kur. seragam baik tujuan, isi, pembelajaran, maupun evaluasinya

4.  Kalender pengajaran seragam

5.  Ujian bersifat nasional

Decentralized Curr. Management 1.  Kur. disusun dan dikelola oleh daerah (kota/kab/kecamatan/sekolah)2.  Kur. daerah/lokal/sekolah yang berlaku di daerah/sekolah tsb3.  Kur. beragam: tujuan, isi, pembelajaran, evaluasi disesuaikan kebutuhan kondisi, karakteristik, perkembangan setempat

4.  Kalender pengajaran beragam

5.  Ujian bersifat daerah/lokal/sekolah

6. Model Evaluasi Program

6.1. Model Kuantitatif

Jenis Model Karakteristik
Discrepancy Evaluation Model Membandingkan pelaksanaan dengan standar:

  • Desain program: input, proses, output
  • Pelaksanaan program
  • Hasil program: sementara-final
  • Biaya
Contingency- Congruence Model 1.  Menilai kesesuaian antara rancangan, pelaksanaan dan hasil ideal dengan yang nyata/teramati2.  Menilai contingensi (hal-hal yang secara kebetulan muncul) antara rancangan ideal terhadap pelaksanaan ideal, dan terhadap hasil ideal3.  Menilai contingensi antara rancangan nyata terhadap pelaksanaan nyata, dan terhadap hasil nyata
CIPP Model Penilaian dengan mendasarkan komponen:

  1. Context (faktor-faktor eksternal)
  2. Input (siswa, desain, guru, sarana, fasilitas)
  3. Process (pengajaran, pembimbingan, pelatihan)
  4. Product (pengetahuan, kemampuan, sikap lulusan)
EPIC Model Evaluation Program for Innovation Curriculum(EPIC), dengan menilai:1.  Behavior: cognitive, affective, psychomotor.2.  Instruction: organization, content, methods, facilities, cost.

3.  Institution: student, teacher, adminsitration, education specialist, family, community.

6.2. Model Kualitatif

Jenis Model Karakteristik
Studi kasus
Iluminatif
Responsive
Goal Free

7. Pendekatan Evaluasi Kurikulum

Jenis Pendekatan Karakteristik
Pre-ordinate
Fidelity
Mutual-adaptive
Process

8. Jenis Evaluasi Kurikulum

Jenis Karakteristik
Reflektif
  • Evaluasi thd ide kurikulum (gagasan,konsep)
  • Dilakukan thd gagasan awal kur; dan juga ketika kur dibahas utk dikembangkan sbg suatu rencana
Rencana
  • Evaluasi thd dokumen renc kur yg memuat format-format, tujuan (ideal dan operasional), indikator, kompetensi dsb
  • Keterbacaan, hubungan antar komponen, organisasi vertikal dan horisontal pengelaman belajar
Proses (implementasi)
  • Evaluasi kur sbg proses, sbg kegiatan, dan sbg sesuatu yg terjadi disekolah
  • Dapat berfungsi formatif dan/atau sumatif
Hasil
  • Evaluasi thd pencapaian tujuan kur (dalm bentuk pengetahuan, sikap dan keterampilan)
  • Evaluasi thd peningkatan hasil belajarn siswa
  • Dapat berdimensi lokal, nasional maupun global
Advertisements