Beritanya  sich sudah lama..tapi inilah bukti  hasil kerja keras untuk membawa suatu perubahan kearah yang lebih baik.Lembaga pendidikannya tidak semewah yang dimiliki sekolah atau lembaga pendidikan yang lain, tetapi dengan sarana dan prasarana yang seadanya kami masih bisa berkreasi untuk meningkatkan mutu  dan proses dalam pembelajaran bagi siswa siswa kita.

SUARA PANTURA

23 Juli 2009
Terobosan dari SMK Gatra Praja dan PKBM Jetayu

Berkomunikasi Langsung dengan Tutor dari Amerika

’’How Are You Mr John?’’ tanya Erni, siswa SMK Gatra Praja. ’’I’m fine,’’ kata John Warken, tutor Inggris dari Amerika dalam wawancara teleconference di Radio Kota Batik, Pekalongan, baru-baru ini.

Wawancara itu berlanjut sampai sekitar satu jam dengan menggunakan teknologi Skype. Melalui program itu, seseorang cukup menggunakan laptop dan menggunakan akses internet, bisa berhubungan langsung dengan tutor di Amerika. Bahkan John, mengaku senang bisa memberikan tutor itu kepada siswa di Indonesia, khususnya di Pekalongan.

Dengan dipandu guru Bahasa Inggris, Endang Setyo Palupi SPd, John terus melayani pertanyaan dari siswa secara bergantian dan sekali-kali ikut bertanya. Bahkan wawancara di radio milik Pemkot Pekalongan itu juga diikuti Wali Kota Pekalongan, HM Basyir Ahmad.

John menjadi tutor bahasa Inggris di Pekalongan, sejak beberapa bulan lalu. Kini banyak masyarakat lain yang menginginkan mendapatkan pelajaran bahasa Inggris dengan warga Amerika itu.

John mengaku ada permintaan guru dari Rusia yang ingin mendapatkan pelajaran bahasa Inggris dari dirinya. Dia mengaku kewalahan dan kini berusaha mencari relawan yang membantu dirinya dalam melayani tutorial bahasa Inggris itu.

Terkait dengan bahasa Inggris itu, guru SMK Gatra Praja dan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Jetayu Pekalongan Utara mengakui banyak siswa yang takut dan kurang menyukai bahasa Inggris. Itu disebabkan tata bahasa, dan kosa kata yang terbatas, pengucapan yang cukup sulit serta kesulitan mendengarkan apa yang diucapkan orang lain dalam Bahasa Inggris.
Menarik Siswa Salah satu upaya menyikapi kesulitan itu, pihaknya  menerapkan metode pembelajaran yang bisa menarik perhatian siswa dengan metode tutorial jarak jauh menggunakan teknologi internet yang bisa disebut dengan teleconference.

Melalui program itu, siswa bisa berinteraksi langsung dengan tutor yang akan membantu mereka berkomunikasi, mendengarkan dan berbicara sekaligus membantu penulisan yang benar dengan dipandu guru bahasa Inggris.

Dalam pembelajaran ini, Endang mengaku memilih Mr John dari Amerika. Melalui internet, Endang mengaku kenal dengan John yang selanjutnya kini dijadikan tutor di SMK Gatra Praja dan PKBM Jetayu.

’’Melalui komunikasi langsung ini, siswa lebih tertarik berbicara dengan orang asing, yang sulit dijumpai di Kota Pekalongan,’’ kata Endang.

Menurut dia, dengan program itu, ternyata juga tidak memerlukan biaya besar untuk berinteraksi dengan siswa. Hanya dengan perangkat komputer (laptop) dilengkapi akses internet, siswa bisa melakukan kegiatan itu.

Program tersebut baru dilakukan pada semester II tahun lalu, yang hasilnya berpengaruh pada hasil ujian nasional mata Pelajaran Bahasa Inggris di sekolahnya, sehingga SMK Gatra Praja hasil lulusannya meningkat yakni mencapai 94,8%.  Khusus Bahasa Inggris lulus 98,5%.

Karena itu, metode pembelajaran tersebut akan dilanjutkan di SMK tersebut. Kalau ada sekolah lain yang ingin bergabung pun diperbolehkan.

Wali Kota HM Basyir Ahmad menilai ide pembelajaran itu merupakan ide cemerlang dan luar biasa, sehingga perlu didukung. Dengan demikian, dia berpikir alangkah baiknya jika musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris juga melakukannya. (Trias Purwadi-47)

Advertisements