RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah             :  SMP MASEHI PEKALONGAN

Mata Pelajaran            :  Bahasa Inggris

Kelas/Smt                    :  VII/Gasal

Standar Kompetensi   : 1.   Mendengarkan

Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk erinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar       : 1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara lancar, akurat dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur; meminta danmemberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapakan kesantunan.

Indikator                     :  1.2.1.   Merespon makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta dan memberi informasi.

1.2.2.   Merespon makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan ucapan terima kasih

1.2.3.   Merespon makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta maaf.

1.2.4.   Merespon makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan kesantunan.

Jenis Teks                    :  Teks Transaksional/interpersonal

Aspek/Skill                  :  Mendengarkan dan Berbicara

Alokasi Waktu            :  4 X pertemuan (4 X 40  menit)

  1. A.    Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pelajaran siswa dapat;

  1. Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan meminta dan emberi informasi.
  2. Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan ucapan terima kasih.
  3. Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi.
  4. Merespon ungkapan ucapan terima kasih.
  5. Menggunakan ungkapan ucapan terima kasih dalam percakapan pendek sederhana.
  1. B.     Materi Pembelajaran
  • Ungkapan meminta dan memberi informasi

Contoh;           A         :  Where is the book?

B         :  It’s here.

  • Ungkapan terima kasih

Contoh;           A         :  Thank you.

B         :  You’re welcome.

  • Kosa kata
    • Preposition            :  in, on, under, behind, in front of, far from, near, over there, over here
    • Nouns                    :  things around the classroom and in the house
  1. C.    Metode dan Teknik         :  TPR and PPP

Total Physical Response (untuk pengenalan kosa kata baru)

Presentation, Practice and Production (untuk pembelajaran ungkapan transaksional interpersonal)

  1. D.    Langkah-langkah Pembelajaran

Setiap pertemuan dikemas dalam tiga tahapan

Kegiatan awal;

  • Greetings, checking for the roll
  • Pre-test, review

Kegiatan inti;

  1. Siswa menebak arti kata preposisi (on, under, in front of, near, between, behind, beside) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
  2. Siswa menemukan makna kosa kata (nouns around the class and the home) dengan cara melaksanakan perintah guru dalam bahasa Inggris dengan bantuan real object/gambar.
  3. Contoh; Point the book on the chair!
  4. Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan menerima dan memberi infornasi.
  5. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang makna dan fungsi ungkapan meminta dan emberi informasi.
  6. Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan terima kasih.
  7. Siswa menjawab pertanyaan guru entang ungkapan terima kasih.
  8. Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan meminta informasi.
  9. Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan terima kasih.
  10. Siswa menirukan ugnakapan meminta dan memberi informasi.
  11. Siswa menirukan ungkapan termia kasih.
  12. Siswa menginterview temannya dengan menggunakan instrumen tabel tentang informasi yang diminta dengan menggunakan ugnakapan meminta dan memberi informasi serta ucapan terima kasih.

Contoh;

Things at home Your friend 1/where? Your friend 2 / where?
TVClockarm chairEtc. …………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………

A   :  Do you have TV?

B   :  Yes, I do.

A   :  Where is it?

B   :  In the living room.

A   :  Thank you.

B   :  You’re welcome.

Kegiatan Akhir

  1. Siswa menebak arti kata kerja (borrow, give, come, point, show, take, help) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
  2. Siswa menemukan makna kosa kata (nouns outside the class and at home) dengan cara melaksanakan perintah guru dalam bahasa inggris dengan bantuan real object/gambar.
  3. Come here, please! Show methe school yard, please! Point at the refrigeratos!
  4. Guru menanyakan kesan siswa untuk memebrikan feed-back berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani.
  5. Memberikan post-test.
  6. Memberikan penugasan di rumah untuk mempraktikkan dialog berisi ungkapan meminta dan memberi informasi, serta ungkapan rasa terima kasih.
    1. Contoh dialog/ungkapan-ungkapan
    2. Kaset berisi teks dialog yang terkait
    3. Buku teks yang digunakan yang telah disahkan oleh pihak yang berwenang (judul, pengarang, penerbit,tahun, halamab)
  1. Sumber Belajar
  1. Penilaian
  1. Teknik       :  Tes lisan
  2. Bentuk      :  Penugasan
  3. Instrumen  :  Terlampir

Pekalongan,

Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP MASEHI Pekalongan

Esti Parwati S.pd                                                                   Endang Setyo Palupi Spd

NIP .196108281112003

Advertisements